Kamis, 08 Mei 2008

Operator Pencarian istimewa

Finetuning: operator pencarian istimewa

Selain Advanced Search, Google juga memiliki sederetan operator pencarian. Cara ini ditujukan untuk pencarian profesional. Operator ini dapat di-input bersamaan dengan pengetikan kata kunci dan dapat pula dikombinasikan. Dengan operator pencarian, biasanya hasil pencarian akan lebih cepat berhasil daripada pencarian melalui Advanced Search karena beberapa cara pencarian tidak tersedia dalam Advanced Search. Setelah Anda mempelajari operator pencarian, Anda akan dapat mengandalkan operator ini karena dapat melakukan pencarian yang rumit.

Supaya Google mengenali operator, diperlukan sintaks khusus. Pada dasarnya, setiap perintah operator diikuti dengan tanda titik dua. Biasanya, formatnya seperti berikut ini:

Operator: atau

atau

Operator:

Sebaiknya, Anda menuliskan alamat URL dengan lengkap. Tanda protokol awal (http://) tidak selalu perlu. Beberapa operator tidak berfungsi jika ada spasi antara titik dua dengan kata kunci pertama. Namun, tidak menjadi masalah bagi beberapa operator lain. Sebaiknya, penggunaan operator dalam pencarian dilakukan secara berurutan karena satu perubahan dapat mengarah ke peringkat lain. Beberapa operator hanya dapat dipakai di negara tertentu seperti Amerika Serikat (AS). Contohnya, Anda dapat mencari nomor telepon seseorang di AS.

Menggunakan beberapa operator bersamaan

Pada dasarnya, Anda dapat mengombinasikan beberapa operator pencarian. Namun, memang ada operator lain yang sebaiknya difungsikan sendirian. Untuk operator lainnya dapat Anda kombinasikan. Operator di bawah ini sebaliknya difungsikan secara tersendiri. Hal ini dilakukan untuk menghindari hasil pencarian yang tidak relevan.

· Operator yang dimulai dengan “all”, yaitu allintitle:, allintext:, allinuri:, dan lain-lain.

· Permintaan pencarian khusus, seperti define:, site:, dan lain-lain.

· Pencarian website tertentu seperti: cache:, info:, link:, related:.

Dalam mengombinasikan operator, Anda harus berhati-hati. Aturan yang terpenting dalam kombinasi operator adalah:

· Jangan kombinasikan operator yang saling bertentangan.

· Jangan gunakan operator yang mengecualikan hasil tertentu. Misalnya, “Informasi wisata site:us site:id”. Operator tidak memberikan informasi wisata dari Amerika Serikat dan Indonesia. Apabila Anda menginginkan informasi wisata dari website kedua negara tersebut, tambahkan operator “OR” (Informasi wisata site:us OR site:id). Operator pencarian digunakan sekali dalam pencarian,dihubungkan dengan “OR” atau dikombinasikan dengan include:, filetype:, site:, dan group:.

· Batasi pencarian Anda dengan kombinasi beberapa operator. Contohnya, “intext:E-mail intitle:security –site:microsoft.com” untuk mencari kata “e-mail” dalam teks dan “security” dalam judul dokumen bersangkutan, tetapi website microsoft.com tidak dimasukkan dalam pencarian (dihilangkan).

Tidak ada komentar:

Louis7zen

Name :
Web URL :
Message :