Minggu, 27 April 2008

Software 270408

Manajemen Foto

MAGIX PHOTO MANAGER 2007

Info: www.magix.com

Harga: US$ 34.99

Pengolah foto profesional: Software ini tidak main-main dalam memberikan feature untuk mengolah foto digital Anda agar tampil lebih menarik. Mulai dari pemberian efek, pencerahan cahaya, hingga mengoptimalkan foto bisa dilakukan dalam beberapa klik mouse saja. Menu-menunya tersusun rapi sehingga memudahkan penggunaan dalam mengoperasikan software ini.

Pembuatan album digital dalam format yang sudah ditentukan Magix juga bisa Anda lakukan dengan cepat. Anda tinggal mengimpor folder yang berisi foto Anda lalu memilih foto mana saja yang hendak dimasukan album dengan klik mouse. Foto yang hendak Anda masukan pun bisa dioptimalkan kualitasnya dengan sekali klik dengan feature “Optimize”. Hasil optimize bisa Anda simpan juga dalam file berbeda sehingga Anda tidak kehilangan foto aslinya. Selain fungsi otomatis optimize tadi, Anda masih bisa mengedit foto secara manual. Software ini mneyediakan banyak efek dan tool untuk memperbaiki foto. Anda bisa memperbaiki efek mata merah pada foto atau merapikan “horizon” foto, jika foto terlihat agak miring. Apabila Anda telah menyempurnakan satu foto dan Anda ingin hasil edit tersebut diintegrasikan pada foto lainnya, Anda tidak perlu bersusah payah lagi untuk membuka foto-foto lainnya. Anda bisa mengintegrasikan efek-efek foto pada sebuah foto untuk foto-foto lainnya.

Dalam software ini, Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam service yang diberikan Magix untuk men-share foto-foto Anda ke dalam blog atau menjadikan foto Anda menjadi sebuah album online. Magix juga mempermudah penggunanya dengan feature Task. Dengan feature ini Anda bisa memilih berbagai option untuk mengolah foto Anda.

Untuk penyimpanan foto, Magix Photo Manager menyediakan fungsi “Export” yang bisa mengubah foto hasil edit Anda menjadi beberapa format dan ukuran. Setiap Option yang Anda pilih dalam fungsi “Export” ini, software akan mengubahnya dalam ukuran dan kualitas terbaiknya. Selain dalam format gambar, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas “Burn” untuk menyimpan foto-foto Anda dalam format VCD, DVD, atau SlideShow. Untuk fungsi SlideShow, Anda juga bisa menjalankannya dalam software.

Kesimpulan: Pengolah foto yang bekerja profesional. Bagi Anda yang tidak ingin repot untuk mengatur dan memperbaiki foto, tampaknya software ini patut Anda pertimbangkan.

Multimedia

ARCSOFT TOTAL MEDIA THEATRE 1

Info: www.arcsoft.com

Harga: US$ 89.99

Dukungan untuk Blu-ray dan HD-DVD: Multimedia player ini mampu memutar berbagai format multimedia yang ada saat ini, baik audio maupun video. Bahkan, software ini sudah mendukung format video digital HD-DVD dan Blu-ray.

Tampilannya cukup elegan dengan warna dasar biru. Pengoperasiannya juga cukup mudah, sama seperti Anda mengoperasikan software pemutar video lainnya. Dari sisi tombol, tidak ada yang berbeda dengan software sejenisnya. Begitu juga saat file sedang dimainkan. Anda klik kanan, menu konteks yang muncul menampilkan option-option untuk mengetahui informasi file, pemilihan chapter, menu setup, dan beberapa perintah untuk mengoperasikan software ini. Anda juga bisa membuat player tampil dalam mode fullscreen melalui sebuah tombol dalam window preview-nya. Namun, untuk mengembalikan tampilan ke-keadaan default, Anda harus menggunakan tombol “Ecs” karena tidak ada tombol khusus untuk mengembalikan tampilan.

Kesimpulan: Kelebihannya hanya terdapat pada dukungan Blu-ray dan HD-DVD. Selain itu, semuanya sama dengan multimedia player lain yang bisa didapatkan di bawah harga yang ditawarkan software ini.

Utility

SYSTEM MECHANIC 7.5.5.1

Info: www.iolo.com

Harga: US$ 49.95

PC seperti baru: Software ini memiliki fungsi-fungsi perbaikan kinerja PC yang mudah digunakan. Apabila kinerja PC sudah mulai melambat, Anda bisa menggunakan program ini untuk memperbaiki kinerjanya dalam beberapa klik mouse.

Untuk mengetahui keadaan PC sebenarnya, Anda bisa menggunakan fungsi “Analyze”. Dengan fungsi ini, faktor keamanan dan kesehatan PC bisa Anda ketahui. Informasi masalah yang membuat PC Anda melambat juga diberitahu oleh program ini. Dengan sekali klik pada “Repair All”, seluruh masalah bisa tertangani. System Mechanic memiliki lebih dari 30 tool. Mulai dari tool untuk perbaikan registry, kinerja PC, kecepatan Internet, Windows StartUp, FireWall, hingga proteksi virus bisa Anda dapatkan dalam program ini. Fungsi “PC Total Care” misalnya. Fungsi ini dapat menjalankan berbagai tool untuk menambah kinerja PC. Anda bebas menentukan tool apa saja yang akan dijalankan. Setiap tool yang Anda pilih, Anda bisa mengetahui waktu proses tool tersebut dalam bekerja.

Kesimpulan: System Mechanic menawarkan fungsi yang banyak untuk tweaking Windows agar kinerja PC bisa lebih maksimal lagi.

Utility

PARAGON PARTITION MANAGER 9

Info: www.paragon-software.com

Harga: US$ 39.95

Manajer partisi yang mudah: Program partisi ini cukup lengkap menyediakan feature untuk manajemen partisi hard disk. Bagi Anda yang memiliki hard disk baru, Paragon Partition Manager bisa Anda gunakan untuk membuat partisi baru dalam hard disk baru tersebut. Tidak hanya pembuatan partisi saja yang bisa dilakukannya, copy partisi secara utuh atau backup juga bisa dilakukannya. Apalagi semua tool yang ada dalam program sudah dilengkapi dengan wizard.

Menu-menu yang ada dalam program ini tersusun rapi. Di bagian kiri, Anda bisa menemukan berbagai macam task yang berisi fungsi-fungsi utama. Di bagian kanannya, Anda bisa melihat informasi mengenai seluruh hard disk yang sudah terpasang dalam PC. Bagi yang memiliki banyak sistem operasi, melalui program ini, Anda bisa membuat boot manager supaya di saat start PC, Anda bisa menentukan sistem operasi apa yang ingin Anda gunakan. Selain itu, ada juga fungsi undelete partition yang berguna jika terjadi kesalahan pada saat pembuatan partisi pada hard disk lama.

Kesimpulan: Fungsinya standar, sama seperti program partisi manager lainnya. Namun, program ini mudah digunakan.

Pengolah Gambar

WIZARD BRUSH 6.7.4

Info: www.eusoftware.com

Harga: US$ 29.99

Untuk anak-anak: Jika dilihat dari sisi user interface, sepertinya software ini lebih menfokuskan diri kepada anak-anak yang hobi menggambar. Warna, tombol-tombol, dan juga efek suara yang dimiliki software ini akan sangat menarik minat anak-anak. Walaupun ditujukan untuk anak-anak, bukan berarti software ini sederhana. Justru sebaliknya, di dalam software ini ditanamkan berbagai tool gambar layaknya sebuah software pengolah gambar profesional seperti Adobe Photoshop. Filter yang disediakan saja berjumlah lebih dari 15 buah.

Tool gambar yang tersedia pun tidak jauh berbeda dengan yang dimiliki oleh Photoshop. Namun, fokus software ini bukan untuk mengedit foto seperti Photoshop, melainkan untuk membuat gambar sendiri dari berbagai tool yang tersedia. Jika anak Anda mengalami kesulitan, fasilitas Help menu terintegrasi dan video tutorialnya akan sangat membantu. Bahkan Anda dapat langsung merekam video tutorial buatan Anda sendiri dengan cara yang mudah.

Kesimpulan: Software yang memiliki berbagai tool menarik. Software ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan daya kreativitas anak-anak.

Utility

SUPER UTILITIES PRO 2008 8.0.1975

Info: http://www.superlogix.net

Harga: US$ 59.95

Utility all-in-one: Tampilannya tetap sama dengan versi sebelumnya. Di dalamnya terdapat lebih dari 27 tool untuk memperbaiki kinerja PC. Ke-27 tool tersebut dibagi dalam lima kategori, yaitu System Cleaner, Security Doctor, Privacy Protector, System Maintenance, dan Special Tools. Dalam System Cleaner misalnya, Anda dapat menemukan lima tool yang berhubungan dengan perbaikan sistem Windows. Di sini Anda bisa membersihkan registry atau memanajemen hard disk. Bahkan, tool uninstaller-nya bisa menghadirkan program-program yang tidak tampak pada Add or Remove Programs. Selain itu, tool untuk mengoptimalkan penggunaan memori berjalan cukup cepat dan hasilnya cukup memuaskan. Anda bisa melihat informasi penggunaan memori di bawahnya.

Dengan program ini, Anda juga bisa melenyapkan beberapa pengganggu dari luar dengan tool Spyware Removal. Setelah menjalankan proses scan yang cukup cepat, Anda bisa melenyapkan pengganggu-pengganggu tersebut. Program ini juga dilengkapi keamanan ekstra untuk menu setting-nya. Menu setting dilengkapi dengan password. Jadi, seluruh setting yang sudah Anda atur, bisa Anda jaga dengan baik karena orang lain tidak bisa mengotak-atik isi menu setting tersebut.

Program ini juga bisa membantu Anda yang mengalami musibah kehilangan data. Tool Super Undelete-nya sanggup mencari folder-folder yang sudah terhapus dan hilang dari recycle bin. Anda cukup memilih satu partisi, tekan tombol “Next”, lalu program akan men-scan partisi tersebut. Kemampuan scan-nya cepat sehingga folder-folder yang terhapus dengan cepat akan tampil dalam program, lengkap dengan informasi keadaan file tersebut. Anda tinggal memilih folder atau file yang ingin dikembalikan ke hard disk lalu tekan tombol “Restore to”.

Tampilannya yang menarik juga menjadi daya tarik tersendiri. Skin-nya bisa Anda ubah. Di halaman utama, selain kategori-kategori untuk tool, hanya ada tombol “Options” dan “Help”. Saat Anda mengklik tombol “Options” pun, isi menu-nya tidak banyak. Dengan begitu, tidak ada sesuatu yang membingungkan dalam program ini.

Kesimpulan: Sesuai dengan tags yang dimilikinya, program ini mampu mengoptimalkan kinerja PC dengan baik. Banyak tool di dalamnya membuat penggunanya tidak perlu menggunakan program tambahan lainnya untuk mengurus “kesehatan” PC-nya.

Blogged with the Flock Browser

Tidak ada komentar:

Louis7zen

Name :
Web URL :
Message :