Selasa, 29 April 2008

Software Freeware 290408

Album Digital

ARCSOFT PRINT CREATIONS 2

Info: www.arcsoft.com

Berkreasi dengan foto: Anda ingin berkreasi dengan koleksi foto? Tampaknya software buatan Arcsoft ini dapat mewujudkan keinginan Anda tersebut. Di dalam software ini Anda bisa membuat kartu ucapan, album foto satu halaman, photo book, dan funhouse dengan bahan dasar foto-foto Anda.

Proses pembuatan album foto atau kartu ucapan sangat cepat dan mudah dilakukan. Bahkan, melalui software ini, Anda cukup mengandalkan mouse saja. Anda tinggal memilih option yang disediakan, memilih foto, dan memberikan kata-kata ucapan (bila disediakan). Hasilnya, cukup menarik untuk dilihat dan dapat dicetak langsung melalui media printer warna di rumah Anda.

Dalam membuat kartu ucapan atau album foto, software ini sudah menyediakan template untuk setiap option. Default-nya, masing-masing option disediakan satu template. Jadi, apabila Anda tidak menginginkan template tersebut, Anda harus men-download-nya. Link untuk men-download template sudah tersedia dalam program ini.

Kesimpulan: Kekurangannya hanya terdapat pada jumlah template desain yang disediakannya.

Kamus

GKAMUS 0.1

Info: http://gkamus.sourceforge.net

Aplikasi opensource: gKamus 0.1 hampir mirip dengan linguist, tetapi dengan bentuk lebih sederhana. Instalasi dan GUI-nya pun nyaman untuk dipergunakan. Selain itu, pencarian kata yang cepat dan responsif di bawah 1 detik dapat menemani Anda sehari-hari untuk belajar dan meningkatkan perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris.

Jumlah kata dan definisi disimpan dalam bentuk database yang kompak dengan ukuran file hanya sebesar 1.758 KB yang berisikan 23.623 kata dan definisi. Kata dan definisi yang tersedia cukup banyak. Jika Anda masih merasa kurang, tidak usah khawatir. Si pembuat gKamus betul-betul pandai dalam mengekspresikan pengalaman setiap orang dalam menggunakan aplikasi kamus, yaitu dengan menambahkan fungsi revisi untuk kata dan definisi dalam aplikasi kamusnya. Bagian inilah yang membuat gKamus menarik digunakan.

gKamus 0.1 adalah kamus Inggris – Indonesia, dikembangkan berbasis bahasa pemrograman C. Aplikasi ini dapat berjalan di atas Windows dan Linux karena library pendukungnya menggunakan GTK2.10 dan libglade 2.6. Disediakan dua versi gKamus, yaitu gKamus yang berjalan di Windows dan Linux.

gKamus yang berbasis bahasa C merupakan pilihan yang tepat bila Anda ingin membuat aplikasi yang berjalan di multi platform. GTK dan libglade library sebagai pendukung bahasa C sudah banyak tersedia untuk platform Windows dan Linux sehingga kompilasi aplikasi dapat dilakukan dengan mudah (tergantung di mana Anda melakukan kompilasinya, Windows atau Linux). Distribusi aplikasi gKamus adalah GNU PL versi 2 yang bersifat gratis dan boleh ditulis ulang atau dimodifikasi. Source code tersedia untuk di-download untuk keperluan modifikasi.

Kalau diteliti lebih detail, aplikasi ini memang betul-betul sederhana, hanya sekadar mencari kata yang cocok. Di dalamnya masih ada beberapa fungsi kamus yang belum tersedia: seharusnya, dalam memberikan informasi suatu kata bahasa Inggris yang dicari, kamus memberikan penjelasan cara pengucapan, pemakaian bentuk kata, tenses, dan definisi kata samaran atau referensi penggunaan istilah serta penggunaan kata majemuknya. Saat ini, gKamus hanya bisa digunakan dalam mode Inggris – Indonesia.

Kesimpulan: Acungan jempol buat pembuat gKamus. Sebagai aplikasi open source, aplikasi ini cukup sederhana dan berkinerja baik, walaupun masih banyak yang harus dilengkapi dari sisi kemampuannya.

Blogged with the Flock Browser

Tidak ada komentar:

Louis7zen

Name :
Web URL :
Message :