Jumat, 25 April 2008

Windows 7

Sebenarnya, Microsoft sudah harus menghentikan pengembangan Windows Vista. Service Pack 1 yang baru untuk sistem operasi ini yang baru untuk sistem operasi ini malah memblokir program keamanan seperti ZoneAlarm, Trend Micro, dan BitDefender. Walaupun menghadapi kesulitan tersebut, Microsoft malah mengembangkan penerus Vista. Codename: Windows 7. Sistem operasi baru ini akan diluncurkan paling cepat pada tahun 2009 nanti. Saat ini, Anda sudah dapat memperoleh informasinya, termasuk seputar feature-feature pada Windows 7. Dlaam fase pengembangan awal ini, perancangnya masih berorientasi pada Windows Vista. Meskipun baru mencapai tahap “Milestone 1”, perbedaannya dengan Windows Vista sudah dapat dikenali. Antara lain, kemampuan jaringan rumah “Home Group” akan disempurnakan. Setelah instalasi, pengguna akan mendapatkan wizard baru yang akan mengaktifkan sharing gambar, video, musik, dan printer dengan beberapa klik saja.

Pengembangnya pun melakukan penyempurnaan tampilan Desktop. System Tray di samping indikator waktu tidak lagi menampilkan icon yang sedang terbuka pada Task Bar, melainkan pada sebuah window pop-up di atasnya. Selain itu, kini tampilan Start Menu akan lebih dinamis dan tampak lebih rapi. Menu program yang ada di Start Menu akan dapat dikunci dengan sebuah pin.

Selain itu, tersedia Quick Launch untuk Media Center dan Media Player yang sudah disempurnakan. Bahkan, terdapat feature tambahan untuk fungsi. Dengan feature “Wipe and Reload”, pengguna dapat mengembalikan status backup data, misalnya setelah instalasi gagal dilakukan.

Windows masa depan ini juga dirancang untuk perangkat keras baru seperti TabletPC. Untuk itu, Microsoft menawarkan sebuah writing and voice recognition pada penerus Windows Vista ini, jelas pendiri Microsoft, Bill Gates dalam sebuah wawancara.

Versi awal Windows & ini memang masih menawarkan Internet Explorer (IE) 7. Namun, para pengembangnya seang mengembangkan sebuah varian browser baru. Tujuan terpenting, IE akan lebih kompatibel dengan berbagai standar web. Memang versi beta IE 8 sudah lulus test Acid2. Namun, pada tahap ini browser pesaing seperti Firefox dan Opera sudah lama memenuhi standar ini.

Selain itu, Microsoft akan membuka kode browser mereka bagi para programmer. Cara ini memungkinkan programmer membuat extension untuk Internet Explorer, sama seperti pada proyek open source Firefox. Microsoft pun masih meniru dua fungsi lain dari browser pesaingnya. Tab yang tertutup secara tidak sengaja dapat dibuka kembali berikut dengan Surf Session. Menurut programmernya, tampilan RSS Feed IE 8 akan lebih baik lagi. Penjelasan lebih lanjutnya masih belum dapat dibeberkan oleh Chris Wilson, Platform Architect untuk Internet Explorer.

Blogged with the Flock Browser

Tidak ada komentar:

Louis7zen

Name :
Web URL :
Message :