Senin, 05 Mei 2008

Google Gadgets

Google Gadgets: Aplikasi Kecil dan Gratis

Kata “gadgets” dan “Widgets” sering dipertukarkan. Pada dasarnya gadgets atau widgets adalah program aplikasi mini yang memiliki tampilan sederhana dan mudah digunakan. Kata Widgets digunakan oleh Apple, Yahoo, Opera

Ktia mulai dengan Widgets dari Apple. Tampilannya apik dan praktis. Peta cuaca aktual pada sudut kiri, berita terbaru di kanan, dan pencarian Wikipedia di tengah (termasuk RSS Reader dan hasil pertandingan terbaru ataupun kus di bursa). Tidak diragukan lagi, widgets sangat bermanfaat. Banyak perusahaan telah memanfaatkan tools kecil ini sebagai media iklan. Sayangnya, aplikasi-aplikasi kecil ini harus di-install pada tiap PC. Lagipula, sistem widgets menggunakan library pemrograman tertentu yang harus di-install dalam komputer. Oleh sebab itu, banyak Widgets yang hanya dapat dijalankan oleh Windows XP atau Vista. Bagi yang ingin menggunakan widgets semacam itu, Google punya solusi yang lebih baik, Google Personalized Homepage (http://www.google.com/ig).

§ Membuat Google Desktop: Google memiliki aplikasi sejenis widgets yang sangat bermanfaat. Sebagai ganti memasang widgets (di Google dinamakan dengan Gadgets) pada setiap komputer, Anda dapat memasang dan mengatur berbagai aplikasi mini pada Google Personalized Homepage sesuai kebutuhan Anda. Yang diperlukan adalah account Google Anda (pada Google Mail atau Google Maps).

Sistem Google Gadgets menawarkan beberapa keuntungan dibandingkan dengan sistem widget lainnya. Pengguna hanya perlu sekali membuat Google Personalized Homepage, lalu mereka dapat membukanya di semua PC – di rumah, kantor, maupun jalan dengan menggunakan notebook. Bahkan dengan PC di kampus atau warnet yang biasanya tidak dapat digunakan untuk meng-install apa-apa, gadgets tetap dapat digunakan. Bagi Anda yang melakukan Internet Banking, Anda dapat menggunakan keyboard virtual untuk meng-input data dengan aman. Apapun browser yang akan digunakan baik Internet Explorer, Firefox, ataupun Opera, tidak akan menjadi masalah.

Untuk membuat Google Personalized Homepage sesuai selera dan kebutuhan Anda, pada halaman depan Google klik “iGoogle”, kemudian klik “Sign in”. Perlu diketahui, karena sifatnya dinamis, tampilan Google ini bisa jadi tidak sama persis untuk tempat dan waktu yang berbeda, terutama untuk jenis link-nya. Jika Anda belum mempunyai account Google, buatlah sekarang, karena jika tidak, Preference yang sudah Anda buat tidak dapat disimpan.

Setelah Anda login, halaman iGoogle ini akan menjadi homepage pribadi Anda di Google. Anda bisa mulai dengan memilih “theme” yang Anda sukai. Selanjutnya, Anda dapat menambahkan gadgets pada halaman tersebut. Anda cukup meng-klik tombol “Add stuff” dan selanjutnya Anda akan melihat menu-menu pilihan gadget yang tersedia, mulai dari Tools, Communication, Fun & Games, dan lain sebagainya.

Pengaturan dan penyortiran tools yang Anda pakai dapat Anda lakukan kapan saja dengan Drag & Drop. Elemen-elemen yang tidak terpakai dapat dibuang dengan hanya meng-klik tanda silang.

Anda dapat mengetahui Live Weather (cuaca) kota Anda. Cukup memasukkan nama kota Anda kemudian akan muncul keadaan cuaca-nya. Pada News Feeds, Anda dapat menentukan berapa banyak pokok berita yang ditampilkan.

§ Pengumpul Data Google: Seperti pada layanan-layanan lain, Google menghadiahkan Gadgets bukannya tanpa alasan dan tujuan. Seperti telah dikatakan, Anda harus memiliki Google Account untuk dapat menggunakan Google Personalized Homepage. Dengan begitu, search engine dapat menyusun profile lengkap para penggunanya. Dari profil tersebut, dapat terbaca seleranya dan tingkah-laku pengguna. Apa yang dicari si pengguna? Komunikasi macam apa yang ia butuhkan? Di mana ia memesan produk? Bagi Google, mudah saja menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Jika hal ini tidak memuaskan, Anda masih dapat memanfaatkan Google Personalized Homepage. Browser akan mencatat pilihan-pilihan yang telah Anda ambil, hanya dengan bantuan cookies dan Temporary File, tanpa Google Account. Ini hanya berlkau bila Anda tidak menutup browser Anda.

§ Menggunakan Google Gadgets pada Website sendiri: Jika Anda tertarik pada gadgets yang ditawarkan Google, dan Anda ingin mengintegrasikan layanan tersebut pada website Anda sendiri, hal itu tidak sulit. Google telah membuat direktori gadgets lengkap yang boleh Anda gunakan sesuka hati. Aplikasi ini memungkinkan Anda memodifikasi warna dan jenis, serta ukuran font menurut selera Anda. Setelah itu, secara otomatis, sebuah kode Javascript khusus akan dibuat. Kode ini dibutuhkan untuk mengintegrasikan gadgets ke website Anda.

Pada website http://www.google.com/ig/directory?synd=open, Anda akan temukan ratusan gadgets. Setelah mendapatkan gadgets yang Anda sukai, klik link “Add to your webpage”. Sebuah window baru akan terbuka. Anda dapat menentukan tinggi, lebar, dan bentuk tampilannya. Setelah memastikan bahwa ukuran-ukuran untuk tampilan web sudah pas dengan bantuan “Preview”, Anda dapat membuat code Javascript dengan “Get the Code”. Setelah itu, Anda, tinggal tempatkan pada tempat yang cocok di website Anda. Perhatikan bahwa semua yang disediakan dapat berfungsi benar selama ada koneksi Internet. Semua aplikasi yang dapat digunakan di website pribadi ini tidak berbayar alias gratis.

§ Personalisasi desktop dengan Google Gadgets: Ada banyak Google Gadgets yang dapat diintegrasikan dalam Google Desktop Anda. Sistemnya pun dapat dikembangkan dan ditambahkan dengan aplikasi dan layanan Google lainnya. Langkah pertama untuk mengintegrasikan gadgets pada Google Desktop Anda adalah membuat website http://desktop.google.com/plugins. Di sana terdapat daftar tools Google yang saat ini tersedia. Google menyediakan fungsi pencarian gadgets yang sesuai. Setelah Anda menemukan gadgets yang diinginkan, klik tombol “Download”. Gadgets tersebut akan di-copy ke dalam PC Anda dan dengan beberapa klik dapat di-install serta dikonfigurasikan. Jika Anda ingin membuat gadgets sendiri, Google menyediakan Software Development Kit (SDK), yaitu paket software untuk mengembangkan gadgets. Informasi lebih lanjut mengenai Google Desktop SDK dapat Anda lihat di http://desktop.google.com/dev/.

Tidak ada komentar:

Louis7zen

Name :
Web URL :
Message :