Selasa, 06 Mei 2008

Menggunakan Operator pencarian yang Logis

Menggunakan operator pencarian yang logis

Dengan menggunakan operator (sintaks) pencarian yang tepat, Anda akan mendapatkan hasil yang efektif. Pengguna Google umumnya tidak tahu bahwa search engine ini dapat menggabungkan dua kata yang dicari dengan operator “AND”. Artinya, Google akan mencari semua halaman web yang mengandung kedua kata tersebut. Anda tidak akan berhasil mencari jika halaman web tersebut hanya mengandung satu dari dua kata tersebut. Untuk mengoptimalkan pencarian, dianjurkan untuk tidak memakai “AND”, melainkan “OR”. Dengan dua kata yang diselipkan operator “OR”, Google akan menampilkan semua hasil pencarian yang mengandung salah satu kata dari dua kata tadi.

Kata-kata yang diabaikan (tidak dimasukkan dalam kata kunci pencarian)

Secara default, Google menggunakan operator “AND”. Misalnya Anda memasukkan kata kunci menjadi penyanyi, maka hasil pencarian mengandung kata “menjadi” dan “penyanyi”. Pencarian dengan menggunakan “OR”, akan menghasilkan setidaknya salah satu dari kata kunci tersebut. Misalnya, Anda memasukkan kata kunci “penyanyi OR pelukis”. Hasil pencarian akan mengandung kata “penyanyi” atau “pelukis”.

Dalam pencarian, Google akan mengabaikan kata-kata umum atau yang tidak penting yang dapat memperlambat proses pencarian. Namun, jika kata-kata kunci tersebut begitu penting, gunakan tanda “+” sebelum kata kunci. Misalnya, “penyanyi +baru” (tanpa tanda petik). Jadi, kata “baru” akan diikutsertakan.

Selain tanda (+), yang termasuk dalam operator aritmatik adalah tanda minus (-). Tentu saja kata-kata atau frase (kalimat, ungkapan, idiom) tidak termasuk yang dicari. Tiap kata kunci yang diberi tanda minus di depannya, tidak dimasukkan (exclude) dalam hasil pencarian. Misalnya, Anda ingin mencari “penyanyi tanpa album”, Anda dapat memasukkan “penyanyi –album”.

Mencari kata-kata dengan operator tanda bintang (*) dan tanda (~)

Tanda bintang/asterisk (*) mempunyai arti yang sangat penting dalam pencarian Google karena dengan bantuan simbol inilah Google akan mengetahui kata yang dicari dan kata-kata apa untuk mengganti tanda bintang tersebut. Google mengubah beberapa metode pencariannya untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian. Pencarian seperti “Planet Ceres ditemukan oleh *” jawabannya adalah “Giuseppe Piazzi”. Keuntungannya, pencarian seperti ini dapat diterapkan pada semua bahasa.

Jika tidak yakin apakah Anda sudah memakai kata kunci yang benar, Google akan membantu Anda mencari alternatifnya (sinonimnya). Ini sangat bermanfaat karena tidak semua web menggunakan kata kunci yang sama untuk istilah tersebut. Supaya Google dapat mencari sinonimnya, gunakan operator tanda tilde (~) di depan kata yang dicari. Misalnya “~Senior”. Dengan kata ini, Google akan menampilkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip dengan kata “senior”.

Trik: Jika Anda ingin menyingkirkan kata kunci itu sendiri, Anda dapat menggunakan sintaks “~Senior-Senior”.

Mencari pengertian yang sesungguhnya

Salah satu operator yang paling sederhana adalah tanda kutip/petik (“). Dengan operator ini, Anda dapat menyusun beberapa kata menjadi satu kalimat. Jika Anda sudah mengenali suatu kalimat yang akan Anda cari, ketiklah ke dalam kotak pencarian Google. Search engine ini akan mengirim hasil yang mengandung semua kata dalam kalimat tersebut dan juga masing-masing katanya. Sayangnya, jika tanpa tanda kutip urutannya akan sangat tidak beraturan. Misalnya, mencari nama Susilo Bambang Yudhoyono akan menghasilkan halaman-halaman yang memuat kata “Susilo”, “Bambang”, “Yudhoyono”. Oleh karena itu, masukkan kata dalam tanda kutip, “Susilo Bambang Yudhoyono”.

Mencari fakta

Mencari data yang sulit akan menjadi lebih mudah dengan Google. Misalnya, Anda mencari jumlah penduduk Bandung, ketika kata kunci “Penduduk Bandung” (tanpa tanda kutip). Jika Anda ingin mengetahui kapan presiden Sukarno meninggal, ketik “Hari kematian “Sukarno””. Google menelusuri dengan cepat. Hasilnya, 21 Juni 1970.

Pencarian data dapat juga dilakukan dengan menggunakan bahasa lain. Pencarian tempat lahir “birthplace “Jack London” menunjukkan San Francisco. Atau Anda ingin menyelidiki Presiden Brazil? Ketikkan kata “president brazil”, yang akan menghasilkan “Inacio da Silva”. Yang penting dalam pencarian adalah Anda mengetik kata kunci dengan benar dalam bahasa Inggris atau bahasa setempatnya.

Tidak ada komentar:

Louis7zen

Name :
Web URL :
Message :